Hidup Itu Untuk Berkarya Bukan Untuk Putus Asa

Minggu, 30 Oktober 2011

Geminoid-F (Robot Wanita Jepang)

Beberapa dari Anda mungkin ingat Prof Hiroshi Ishiguro yang telah dibangun doppelgaenger sendiri robot-nya dari sebuah wawancara sebelumnya dengan podcast Robot.


      Ishiguro sekarang telah meluncurkan ciptaan-Nya terbaru, wanita seksi android disebut Geminoid F. Mirip dengan kreasi sebelumnya Ishiguro, F Geminoid terlihat ultra-realistis, dan remote dikendalikan untuk menghasilkan repertoar luas ekspresi. Pada konferensi pers, robot juga ditunjukkan meniru ekspresi wajah seorang wanita duduk di depan kamera video. F Geminoid juga luar biasa untuk perbaikan teknis banyak lebih dari robot sebelumnya Ishiguro. Sebagai contoh, memerlukan kurang dari seperempat dari aktuator model sebelumnya dan menggabungkan semua katup servo udara dan sistem kontrol mereka ke dalam tubuh robot.

      Salah satu perbaikan yang paling penting, bagaimanapun, kekhawatiran tampilan Geminoid, dalam senyum khususnya nya: Tim Ishiguro bekerja keras untuk memberikan sebuah robot, meyakinkan "senyum lebar".
Ilmuwan Jepang ingin menunjukkan bahwa robot tak selalu berwajah kaku dan menegangkan, namun juga bisa tersenyum. Bahkan jika tertawa, ia kian mirip dengan manusia. Geminoid-F, demikian nama robot wanita ini, memang sengaja dibuat oleh para peneliti dengan lebih menunjukkan ekspresi mimik wajah yang lebih ‘manusiawi’.
Wajah robot ini tak hanya dibiarkan dengan balutan besi, namun sudah dipercantik oleh kulit yang berasal dari karet elastis. Ia pun siap menyambut orang-orang yang ditemui dengan senyumnya yang menenangkan, alisnya bisa bergerak, sehingga ekspresi wajahnya benar-benar bak seorang gadis muda.

Pembuatan Geminoid-F didasarkan dari seorang model. Dan saat dipamerkan, ia disandingkan dengan ‘kembarannya’ yang seorang manusia tersebut. Hasilnya? Luar biasa, bak pinang di belah dua. Apalagi ketika pakaian yang mereka gunakan sama.



Coba mana yang merupakan manusia asli & mana yang robot ..hehe ^_^
Silahkan lihat pada salah satu video dan hakim untuk diri sendiri.

 



0 komentar:

Post Coment